*10 Trik Gila Berani Berbicara (Bermakna) Di Hadapan Banyak Orang*

*10 Trik Gila Berani Berbicara (Bermakna) Di Hadapan Banyak Orang*



10 trik yang akan Saya sampaikan ini kebanyakan bersumber dari pengalaman pribadi, yang dulunya Saya sangat pendiem, pendiem banget, sangat polos, sangat penakut berbicara secara personal / empat mata, apalagi orang banyak. Atas izin Allah, Alhamdulillah Saya mampu _move on_ berani berbicara bermakna di hadapan banyak orang dan terwujudnya impian sewaktu kecil dulu, menjadi *MOTIVATOR!* 🀀😍

*Anda ingin jadi MOTIVATOR juga kan? Atau mahir berbicara bermakna di depan banyak orang, ya minimal menguasai forum 4 mata. Hayooo ngaku... Jangan malu2...* 😎🀣

Mungkin yang baca materi ini Anda orang yang pemalu ketika berbicara di hadapan banyak orang? Sangat Penakut. Sekali berani, belum ada pesan yang sukses tersampaikan ke pendengar. Pengen impian menjadi pembicara yang baik? Yang keren? Yang memukau? Simak materi ini sampai akhir yaa. Semoga bermanfaat.

Saya bukan yang sangat ahli, hanya punya sedikit ilmu receh, tapi ingin berbagi siapa tau bermanfaat buat temen2 jago bacot semuanya.

Trik yang akan Saya share bakal jadi sampah. Jika Temen-temen *JAGO BACOT* tidak mempraktekkannya. Sama halnya kayak belajar renang tanpa masuk ke kolam / sungai / bahkan laut bakal percuma. Percuma pengen mengendarai mobil tanpa megang setir & praktek hingga ke Jalan raya. Sama aja Kita laper, ada makanan tapi Kita tidak mau datangi makakan itu dan memakannya. Jadi percuma kalau tidak semangat luar biasa & membuktikan semangat Kita.

Niat banget mahir berbicara kan yaa? Kl iya, yuk lanjut bacanya. *Jaminan sampe mahir!*

Biar tidak lupa. Bila perlu. Alat tulis disiapkan ya. Catat yang penting. ✍

⚡ *Yuk Kita mulai:* ⚡

*1. Tauhid Dari Sang Maha Unlimitied*
- Bersyukurlah Dengan Cara "Gila / beda" dan sesuai khas Kita. Dengan bersyukur nikmat Kita bakal dilipat gandakan oleh Allah SWT.
- Mohon ampun dengan totalitas. Siapa tau. Mulut Kita susah berbicara baik dan cas cis cus itu *karena Kita banyak dosa.* Mulut, hati, dan pikiran mungkin jadi susah kerjasama. Bisa jadi Kita banyak dosa. Dosa Kita numpuk. Yuk taubat!!! Taubat!!!
- Bayangkan Kita semua kelak jadi orang besar, orang hebat. Jadi biasa saja semisal Anda berbicara di _audiense_ siapa pun itu pasti siap. Entah pengusaha, dosen, rektor, bupati, gubernur, menteri, hingga presiden pun tidak jadi masalah Jika mereka jadi pendengar Kita. Malah enjoy. Toh sama2 makan nasi. Wkwk. Ini soal mentalitas. 😎

*2. Siapkan Fisik dan Hati*
- Senam mulut / wajah dan badan biar rileks, usahakan sehari sekali minimal 5 menit.
- Berpakaian yang sesuai kenyamanan saat mau tampil biar rileks dan totalitas. Sudah punya ciri khas? Saya sudah. Anda harus segera yaa!
- Ritual hati sesuai selera. Misal: sugesti dengan kata2 terbaik. Kalau Saya selalu bilang "Saya Keren... Saya Keren..." Saya lakukan itu berkali-kali biar hati dan mentalitas kuat
- Pesan / cerita harus tersampaikan itu *WAJIB* 90% di luar kepala, buat jaga-jaga kalau presentasi atau pemamaparan tanpa slide misal listrik padam tetap semangat share ilmu. Biar tetap jalan. Kalau Kita "mentuhankan" slide PPT. Kalau ada kejadian yang di luar perkiraan tadi, maka bahaya juga.

*3. Siap Tempur (Perang)*
- Cerdas memainkan panggung semaksimal mungkin. Percayalah Anda itu penguasa panggung. Kuasai dengan cara yang memukau.
- Bukan pembicara yang egois / asal bicara. Beri benefit / manfaat / kebutuhan pendengar biar Mereka betah nonton dari awal sampai akhir penampilan Kita. Yakin kasih manfaat yang terbaik.
- Siapkan _opening_ menarik di kaca mata _audiense_. Bila perlu kasih kejutan yang tidak bakal Mereka lupakan dalam hidup Mereka.
- Konten Isi wajib Menarik di kaca mata _audiense_ (kasih kejutan juga)
- _Closing_ Menarik di kaca mata audiense (kasih kejutan yang sangat tidak Mereka duga)
- Mewajibkan diri untuk lempar minimal 1 pertanyaan / pendapat tiap ada event / diskusi yang diikuti. Siaappp?? Harus mewajibkan angkat tangan ketika ada diskusi. Siap ya. Trik ini sangat nendang, Saya sdh membuktikan. Trutama cocok buat pemula.

*4. Dahsyatnya Mata Elang* πŸ‘€
- Belajar memanusiakan Manusia dengan cara menghormati pendengar.
- Wajib semua pendengar dipandang secara bergiliran. Biar dari mata turun ke hati dan kontak mata ini sangat penting. Jangan sampai Kita berbicara. Pendengar asyik main hp atau bahkan bikin forum dalam forum.
- Ekspresi Semangat Sampai Tuntas. Yakin sangat mampu berbicara di hadapan banyak orang. Dengan begitu suasana Anda saat share ilmu bakal dipastikan menarik.

*5. Dahsyatnya Telinga Gajah*
- Aspirasi atau keinginan calon pendengar digali semaksimal mungkin sebelum berbicara di hadapan banyak orang. Jadi sebelum menjadi pembicara yang baik. *Jadilah pendengar yang baik pula*.
- Kasih waktu diskusi buat peserta seminar / pelatihan / saat presentasi (jangan egois!). Misal dikasih panitia bicara full 1 jam. Bila perlu lempar materi 30 - 45 menit saja, sisanya buat diskusi biar lebih luas dan puas peserta sesuai yang mereka butuhkan. _*"Jadi lemparlah materi yang Mereka butuhkan. Bukan materi yang asal Kita bacotkan!"*_

*6. Siap Mengukir Prasasti Berisi*
- Update postingan pencitraan menarik di medsos, bila perlu 1 hari 1 postingan. Siapkah Anda?
- Bikin buku. Nanti pasti ada peluang mendapatkan panggung. Pasti diundang karena soal bedah buku trik pelatihan menulis, atau pelatihan jurnalistik. Jika Anda masih awam. Semua bisa dipelajari kalau ada niat. *Misal Anda usia sekitar 20 tahunan. Masak Iya buku 1 pun belum punya? Wkwk. Hayo jangan baper.* Segera bikin buku! Guru Saya usia 24 tahun sudah punya 26 buku. Kita? Alhamdulillah Saya sudah punya buku, beberapa. *Anda gimana?*
- Berbisnislah! Dengan begitu dalam waktu dekat ini Anda bakal diundang untuk memberi motivasi + inspirasi tentang dunia kewirausahaan. Kalau belum diundang. Bikin komunitas sendiri. Undang diri Anda sendiri untuk berbagi. Simple kan bikin panggung biar jago bacot?!
- Aktif / menjadi orang berpengaruh di organisasi / bikin organisasi sendiri (nanti *PASTI* terbiasa komunikasi)
- Jangan lupa minta foto / video / dokumentasikan kepada siapa pun hasil nyata Anda berbicara di hadapan banyak orang. Harus ada dokumentasi saat Anda jago bacot!

*7. Siap Lobi" dan Berpartner*
- Targetkan sebulan berapa kali ketemu dengan orang hebat, siapa pun itu. Ajak ngopi. Ajak silaturahmi. Biar loncatan sukses Anda segera ada loncatan yang sangat drastis.
- Biar terbiasa tidak kagetan ketika sering ngopi (ngolah pikiran) dengan orang hebat. Agak dipaksa ya soal ini. Kalau tidak punya pribadi yang gila2an. Dijamin pasti lemes diawal. Wkwk.
- Lobi" & ngopi dengan orang hebat tersebut. Tunjukkan militansi Anda. Biar kelak ketika Anda jadi orang hebat. Bakal tidak sombong dan siap menghebatkan orang di sekitar Kita. Itulah indahnya berproses. Saya sudah mempraktekkan. Bahkan sampai detik ini pun masih tetap pakai trik tadi. Anda gimana?

*8. Siap Wajib Main Jejaring / Kroyokan*
- Kolaborasilah dengan dibawah usia Kita. Kolaborasi dengan cara apapun itu.
- Kolaborasi dengan seusia Kita.
- Kolaborasi dengan diatas usia Kita
- Aktif di organisasi yang diikuti banyak kesempatan untuk berbicara di sana.
- Kolaborasi itu sangat penting jika Kita ingin terus bertumbuh. Kalau masih egois dan mikir kolaborasi itu buang2 waktu / sampah. Ya bersiaplah Anda tidak bakal bertumbuh cepat dan hebat.

*9. Siap Mainkan Jurus Masa Bodoh*
- Belajar dari kebodohan, tidak peduli orang lain yang menganggap Kita jago bacot.
- Koreksi Kebodohan itu dan perbaiki dengan cara yang terbaik
- Bertumbuh dari waktu ke waktu.
- Jangan merasa sok sibuk di proses. Ternyata hasilnya zonk!

*10. Siap Jadikan Keresahan / Gelisah Buat Lahan Dakwah*
- Data keresahan diri sendiri mainkan. Contoh: Saya resah dengan pendiam Saya yg dulu. Hingga akhirnya jadi materi. Soalnya banyak orang yang senasib seperjuangan. Ingin _move on_ belum tau caranya. Belum tau juga siapa idola yang bakal membimbingnya. Itu salah satu contohnya. Anda gimana?
- Data keresahan sosial (orang banyak, lalu mainkan)
- Buat lahan dakwah / investasi kebaikan. Karena Kita hidup sejatinya gimana mampu bermanfaat buat diri Kita sendiri dan orang lain di sekitar Kita.

Sudah cukup ya materi spesial malam ini. Nantikan materi selanjutnya nanti ya. Kalau hari ini sudah 7 hari, tenang, Saya siap membimbing lagi di lain kesempatan. Boleh dibaca lagi buat makin mempertajam ilmu Anda biar jago bacot yang berisi. Saya... sangat siap membimbing Anda, belajar bareng sampai mahir dan sama" mahir, juga punya semangat yang kuat untuk menebar manfaat dan kebaikan juga. πŸ₯ΊπŸ™

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjemput Impian Dengan Cara Yang Gila* πŸ”₯

Jadilah Spesialis atau Generalis

Menembus batas, Menjemput mimpi