Teknik Menulis dan Cara Menjadi Penulis Produktif*

*Teknik Menulis dan Cara Menjadi Penulis Produktif*


*Menulis* adalah salah satu sarana dalam menyampaikan ide, pendapat, gagasan atau saran dalam bentuk rangkaian kata dan kalimat. *Menulis* adalah proses produksi untuk menghasilkan sebuah karya yang bersumber dari pikiran. Tentu tidak bisa sembarangan menulis jika kita menginginkan hasil tulisan yang berkualitas. Ada teknik-teknik menulis yang perlu dikuasai untuk membuat tulisan yang layak dibaca oleh orang lain.

 Berikut adalah beberapa teknik menulis yang bisa dilakukan : 👇👇👇

*1. Jenis tulisan*
Ada apa sih dengan jenis tulisan ? 🤔🤔 apa yang harus kita lakukan ya?? Berikut penjelasannya

Dalam menulis kita harus menentukan dulu jenis tulisan apa yang akan dibuat. Apakah tulisan ini berupa opini, penyampaian fakta, atau sekedar untuk hiburan saja. Jenis tulisan juga akan mempengaruhi tahapan-tahapan menulis berikutnya serta pesan yang dikandung dalam tulisan kelak. Jenis tulisan untuk dewasa tentu akan berbeda pengerjaannya dengan tulisan untuk anak-anak.

*2. Pertimbangan pembaca*

Cari bahan tulisan yang segar atau belum pernah di baca oleh pembca agar tulisan kita menjadi sebuah informasi yang berguna bagi mereka.

 *3. Orientasi publik*

Tulisan yang kita buat harus disesuaikan dengan publik mana yang akan membacanya. Selain itu orientasi publik akan lebih membantu dalam kelancaran tulisan yang sedang kita kembangkan karena kita tahu pasti sasaran informasi yang dituju.

*4. Tentukan tema dan ide tulisan*

Tema adalah pokok pikiran yang menjadi landasan dari tulisan kita, sedangkan ide adalah materi yang akan dibahas secara mendalam di tulisan kita. Tema dan ide bisa didapat dari riset atau observasi yang dilakukan dan pengembangannya tentu dengan informasi yang didapat dari riest atau observasi tersebut.

*5. Pengembangan ide*

Pada tahap ini keterampilan dalam berbahasa sangat diperlukan. Untuk membuat tulisan yang baik maka ide yang dikembangkan harus dengan kata-kata yang dapat dimengerti oleh pembaca.

*6. Unsur tulisan*

Selain kata/kalimat yang baik, unsur tulisan lain juga perlu diperhatikan. Misalnya tentang keefektifan kalimat, kalimat yang efektif bukan hanya dengan kata-kata yang baik tapi juga mampu menyampaikan pesan tulisan dengan tepat ke pembaca.

*7. Gaya tulisan*

Hal ini merupakan tanda pengenal penulis kepada pembaca. Setiap penulis biasanya mempunyai gaya masing-masing dan ini yang akan menjadikan mereka tampak berbeda meskipun sama-sama berprofesi penulis.

*8. Ejaan Yang Disesuaikan*

Tulisan yang baik haruslah yang bisa dimengerti oleh pembacanya, baik dari susunan kata, penggunaan tanda baca, imbuhan dan awalan, serta kalimat yang baku.

*9. Melakukan penyuntingan*

Setelah selesai membuat tulisan maka ini saatnya untuk mengedit tulisan kita. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya ejaan atau kata yang salah, kalimat yang ambigu atau makna tulisan yang begeser

*Kiat Praktis Menjadi Penulis Kreatif & Produktif.*

1. *Berpikir Kreatif*
Berfikir kreatif adalah pondasi utama dalam proses menulis untuk menjadi tulisan apa saja.

Sebelum menulis, Kita semua harus melatih kreatifitas. Temukan sudut pandang berbeda dari ide yang lain.

Kreativitas tersebut diperlukan dalam setiap keadaan. Jadi lihatlah berbagai sumber untuk menambah kreativitas Kita semua. Karena banyak hal _tak_ terduga dari tulisan dan bacaan karya sendiri maupun orang lain.

2. *Tulislah cerita dengan tidak membosankan.*

Penulis yang ahli bukanlah penulis yang menggunakan bahasa tinggi. Namun tulisan yang dapat dimengerti oleh anak usia dini.

3. *Tulislah apa yang ada di dekat anda.*

Tidak mungkin tidak ada tema dalam setiap karya. Jadikan hal yang ada di sekitarmu sebagai karyamu, dan tuangkan dalam tulisan.

4. *Membaca lalu tulis dan menulis baca.*

Jangan lupa membaca setelah menulis, dan jangan lupa menulis setelah membaca. Seimbangkan dan padukan keduanya.

5. *Seringlah membaca dongeng,tapi edit dengan keinginan diri sendiri.*

6. *Latihlah diksi, rasa, ekspresi, dan majas. Serta seringlah buat puisi mini.*

7.  *Update status dengan Quotes para tokoh-tokoh di Dunia.*

Semoga bermanfaat bagi semuanya, dan bagi saya sendiri.

Tetaplah semangat dalam menulis dan membaca. Jadilah penulis yang mengharumkan nama bangsa.

Salam dan selamat semuanya.🙏

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjemput Impian Dengan Cara Yang Gila* 🔥

Jadilah Spesialis atau Generalis

Menembus batas, Menjemput mimpi