22 Hal Sepeleh Yang Kadang Dilewatkan Begitu Saja Saat Anda Ingin Menguasai Panggung / Forum*
π€ *22 Hal Sepeleh Yang Kadang Dilewatkan Begitu Saja Saat Anda Ingin Menguasai Panggung / Forum* π€
Saya kasih penjelasan singkat saja ya. Biar tidak terlalu panjang & bosen bacanya. Sambil temen2 jago bacot nanti mengembangkan sendiri di panggung yang sudah ada (baik di kelas, di diskusi organisasi, memprospek client, atau panggung profesional yang dibayar). Menurut Sy sih pendek materi ini. Kalau menurut Anda, materinya panjang ya maaf. Wkwk. Yukkk gass: ππ»
*1. Persiapkan Hadiah*
Trik ini banyak orang yang melewatkan begitu saja. Padahal efeknya wow banget. Tidak harus hadiah yang wow. Ter'receh', misal kasih permen bagi pendengar yang antusias. Atau dikasih gorengan yang murah meriah. Sesimple itu biar suasana mencair. Saya biasanya kasih duit, atau buku. Kadang semua makanan yang tersaji di meja VIP (Narasumber), Saya kasihkan ke peserta seminar yang tanya / aktif. Dijamin pasti meriah. *Tapi syaratnya, penyampaian harus istimewa*. Semoga temen2 nanti bisa berbagi buku hasil karya temen2 sendiri ya. Berbagi hadiah juga ada banyak banget manfaatnya, mampu lebih dikenang oleh pendengar Kita sampai nanti. Ndak percaya? Coba saja! Nah materi ini dan materi selanjutnya, sebagian sempat Sy share di jawaban tadi siang & kemarin. π
*2. Berkelilinglah*
Anda itu makhluk hidup. Bukan boneka duduk. Atau bukan tembok. Biar menarik. Saat presentasi atau menjadi pembicara di panggung apapun itu. Usahkan / wajibkan diri Anda buat keliling. Suka pindah tempat, biar terlihat energik. Minimal ada 2 titik depan yang kanan kiri. Itu wajibkan. Bila perlu tambahin (sunnah), masuk tembus ke barisan tengah pendengar / penonton dan juga jalan ke yang paling belakang. Saya selalu menerapkan itu. Sangat menarik. Dan bikin diri ini sangat enjoy dan rileks banget saat lempar kata2. Banyak orang yang menyepelehkan trik ini. Berani Anda mempraktekkan? Harus berani dong!
*3. Hafal Materi*
Ini wajib. Harus hafal materi di luar kepala. Ya minimal menguasai bahan materi sebesar 75%. Buat apa? Antisipasi kalau listrik padam, proyektor rusak, atau ada pertanyaan unik dari pendengar biar bisa jawab dengan jawaban yang mahir dan unik juga. Atau banyak banget kondisi di luar dugaan lainnya, Kita harus cerdas antisipasi. Hafalin poin2nya saja. Tidak harus semuanya.
*4. PPT Jangan Bosenin*
Pernah ngalamin PPT yang pembicara itu, full banget tulisan saja dalam 1 slide yang ditampilkan? Yang 1 slide, ada tulisan 3 sampai 5 paraghraph? Atau itu Anda sendiri pernah ngalamin? Wkwk. Itu sangat bosenin tau. Pendengar dijamin bosen, penat, malah memilih acuh saat Kita berbicara. Peluang bikin forum dalam forum pasti ada kalau PPT bosenin. Kalau Saya. Selalu kasih foto visual yang menarik. Tulisan kadang hanya 1 kata, paling banyak sekitar 10 kata. Itu dilakukan biar pendengar tertarik dan fokus apa yang Kita jelaskan. Benar2 menspesialkan pendengar. Pendengar adalah raja. Yuk dicoba!!!
*5. Kenal Akrab Dengan Dosen*
Itu trik buat yg Mahasiswa. Kalau kerja, akrablah dengan senior & atasan. Akrab secara personal / psikis lebih istimewa. Jika materi yang share ini dipraktekkan buat Mahasiswa. *"Nyerang"* psikis dosen itu sangat penting. Cari muka? Bisa jadi iya. Tapi lebih tepat / sopannya, akrablah dengan dosen yang mengajar / pun tidak. Itu sangat berpengaruh. Saya sudah membuktikan, wisudawan S1 terbaik dan lulus 7 semester, S2 hanya 3 semester. Itu bisa terjadi karena di kelas aktif, presentasi yang terbaik, dan akrab banget dengan semua dosen. Berani coba? Agak ngeri sih akrab dengan dosen secara mendalam. Tapi efeknya wow. Terasa sampai nanti setalah wisuda pun. Selamat mencoba ya. Wkwk.
*6. Senyuman Manja*
Komunikasi yang terhebat adalah senyum. Senyum manja. Semanja mungkin. Itu bisa juga meredam pendengar yang ramai. Jadi berlatihlah tersenyum. Yuk tersenyum. Biar harapannya, endingnya nanti ada hasil yang keren dan senyuman. Yuk senyum. Bila perlu cari senyuman khas Anda. Sering2 di depan kaca. Kalau Saya senyumnya sambil buka mulut menganga. Wkwk. Tiap selfie gthu pas sama peserta seminar. Coba cek foto Saya di IG. Anda bagaimana? π☺☺
*7. Kagetin Mereka*
Efek WOW ini sangat diperlukan. Entah dengan batuk sekeras2nya, jatuhkan kursi, jatuhkan buku, atau yang lainnya. Karena apa? Karena ketika jantung Mereka kaget berdebar2. Tingkat kefokusan itu makin bertambah dan Anda mampu "mengendalikan" psikis Mereka untuk mendengarkan Kita ketika Mereka sudah fokus. Hal sesepeleh itu, kadang banyak orang melewatkan begitu saja. Padahal banyak pembicara yang mahir dan profesional menerapkan itu juga. Anda bagaimana? Berani?! π±π₯
*8. Lempar Komedi*
Monoton dan serius aja. Malah jadi sampah buat Mereka yang mendengarkan ucapan Kita. Kasih warna. Kasih komedi yang bisa bikin Mereka ketawa. Dijamin panggung Anda bakal luar biasa. Bakal dikangenin Mereka. Dicoba ya. Atau sering2 nonton _stand up comedy_ biar bisa menginspirasi dan meniru cara mematahkan keheningan menjadi serius dan canda tawa. π
*9. Suarakan Cinta*
Usahakan pakai trik baperin hati pendengar. Dengan cara apapun itu. Misal godain cowok & cewek biar dicomblangin, atau menggoda kasih pantun romantis ke _audience_. Wow. Pasti sangat keren itu. Silahkan dicoba. Itu sangat menyentuh hati Mereka. Maka fokus Mereka ke Kita maka makin menjadi2.
*10. Datang lebih awal*
Itu sangat keren. Buat persiapan, cek lokasi, cek kondisi, cek medan / panggung, survei. Biar tau apa yang akan dilakukakan mulai awal sampai akhir nantinya. Kalau kita ndk begitu, kadang di lokasi tidak sama dengan yang Kita bayangkan sebelumnya.
*11. Diskusi 2 Arah*
Pendengar itu manusia. Bukan patung. Bukan batu. Jadi diskusilah 2 arah. Anggap mereka. Biar ada ruang belajar yang bareng2 dilaksanakan. Karena pembicara belum tentu terpinter. Bisa jadi terbodoh tapi terfasilitasi. Semangat mengolah forum menjadi diskusi 2 arah. ❤π
*12. Memuji Pendengar*
Ketika Anda melakukan itu. 100% Anda sudah memenangkan hati pendengar. Jadi saat Anda mau memulai pembicaraan lebih mendalam. Mereka sudah sangat welcome dengan keberadaan Anda. Misal memuji dengan antusias mereka. Memuji sudah meluangkan waktu dan tenaga. Dan sebagainya. Coba & modiflah.
*13. Rendah Hati*
Sekali sombong. Habislah Kita. Pendengar adalah raja. Tetap rendah hati. Bukan berarti Kita ikut rendah segalanya. Karena etika lebih tinggi drajatnya dari ilmu yang Kita punya. Sikap terbaik Kita mampu memberikan nilai terbaik juga ke pendengar. Tau beberapa minggu yang lalu ada motivator dari Malang yang main fisik ke pendengar? Nah! Jangan sampai Kita viral karena keburukan kayak githu. Semoga Kita viral yang hal terbaik. Aamiinn. ππ
*14. Gerakan Tangan*
Kenapa itu aja yang Saya share poinnya. Soalnya gerak gerik tangan saat berbicara sangat penting. Saat intonasi tinggi, tangan harus gimana juga ada tekniknya. Saat intonasi sedang & rendah juga ada. Ketika gerak gerik tangan sudah oke. Bahasa tubuh lainnya dipastikan akan otomatis ngikut juga dengan sendirinya, sambil jalan belajar. Belajar mencari gerak tubuh yang cocok buat Anda.
*15. Lempar Berita Terbaru*
Poin ini biar pendengar juga merasa materi yang Kita bawa itu fresh banget. Update! Jadi nyambung dengan kekinian. Jadilah pembicara yang update, bukan sebaliknya yang super KUDET.
*16. Kenyangin Dulu*
Amankan perut Kita dulu. Sebelum memberi ilmu. Minimal minum biar tidak blank pikiran Kita. Khawatir gemetar, bukan karena demam panggung. Tapi emang lapar. ππ
*17. Jawab Seperlunya*
Muter-muter tidak jelas saat menjawab pertanyaan, banyak yang sering alami. Saya juga dulu pernah. Jadi lempar poinnya saja dan senangkan penanya. Bagi yang level _public speaking_ masih rendah. Jawab dengan muter2 gpp. Anggap buat latihan nambah kosa kata. Tapi kalau level _public speaking_ uda keren. Harus ditingkatkan dan fokus pada jawaban yang inti. Biar Mereka super puas. π
*18. Manajemen Waktu*
Peka dengan waktu di panggung pasti memberi kedewasaan Kita. Minimal bawa jam tangan. Atau cek HP. Atau cek jam di dinding. Intinya jangan sampai acara molor gara-gara Kita. Bisa jadi Kita yang harapannya menginspirasi menjadi dicaci maki kalau molor waktunya sangat melebihi. ❌
*19. Berani Jujur*
Katakan sejujurnya. Terutama saat sesi tanya jawab. Kalau belum bisa, katakan tidak mampu jawab dengan jujur. Daripada sok paham tambah bikin ngelantur dan berakibat fatal. Pendengar malah suka sikap seberani itu. ✅
*20. Berani Menginspirasi*
Jangan niatkan bicara asal bicara. Usahakan yang bermakna. Usahakan menginspirasi Kita semua. Kita belajar. Pendengar juga belajar.
*21. Membawa Alat Peraga*
Sangat wajib. Anda bawa alat peraga. Biar lebih nendang. Biar tidak terlalu garing. Saya biasanya membawa balon buat game meniup sampai meletus. Banyak pembicara yang sudah menerapkan game itu. Tapi tiap pembicara pasti punya pembawaan yang berbeda dan dahyat. Bisa juga dengan cara lain. Selain itu juga. Saya selalu pakai apa yang Saya lihat. Entah lampu, tembok, botol air mineral, makanan dari panitia, dll. Manfaatkan itu jadi materi yang berisi hikmah luar biasa. Harus peka dan cerdas memanfaatkan yang ada. Kuncinya Kita harus peka dan berani mengucapkannya. Boleh ditiru & dimodif. ππ₯
*22. Minta Evaluasi*
Ini yang sangat penting. Sambil sebelum minta evaluasi minta maaf terlebih dahulu. Biar apa? Mengajarkan ke pendengar akan keluasan hati, dan biar makin keren juga biar Kita terus bertumbuh. Biar tidak monoton terus. Karena dunia ini terus berjalan. Perubahan terus terjadi. *Inovasi pun jadi harga mati*. Tidak bisa ditawar. Harus ada untuk terus dan harus dieksekusi.
Amalkan 22 hal tadi ya kalau ingin tampilan Anda saat di panggung ingin Keren. Tidak harus dihafal. Tapi dijalankan biar makin terkenang dan mahir berbicara di hadapan banyak orang.
*Semoga bermanfaat*
Saya kasih penjelasan singkat saja ya. Biar tidak terlalu panjang & bosen bacanya. Sambil temen2 jago bacot nanti mengembangkan sendiri di panggung yang sudah ada (baik di kelas, di diskusi organisasi, memprospek client, atau panggung profesional yang dibayar). Menurut Sy sih pendek materi ini. Kalau menurut Anda, materinya panjang ya maaf. Wkwk. Yukkk gass: ππ»
*1. Persiapkan Hadiah*
Trik ini banyak orang yang melewatkan begitu saja. Padahal efeknya wow banget. Tidak harus hadiah yang wow. Ter'receh', misal kasih permen bagi pendengar yang antusias. Atau dikasih gorengan yang murah meriah. Sesimple itu biar suasana mencair. Saya biasanya kasih duit, atau buku. Kadang semua makanan yang tersaji di meja VIP (Narasumber), Saya kasihkan ke peserta seminar yang tanya / aktif. Dijamin pasti meriah. *Tapi syaratnya, penyampaian harus istimewa*. Semoga temen2 nanti bisa berbagi buku hasil karya temen2 sendiri ya. Berbagi hadiah juga ada banyak banget manfaatnya, mampu lebih dikenang oleh pendengar Kita sampai nanti. Ndak percaya? Coba saja! Nah materi ini dan materi selanjutnya, sebagian sempat Sy share di jawaban tadi siang & kemarin. π
*2. Berkelilinglah*
Anda itu makhluk hidup. Bukan boneka duduk. Atau bukan tembok. Biar menarik. Saat presentasi atau menjadi pembicara di panggung apapun itu. Usahkan / wajibkan diri Anda buat keliling. Suka pindah tempat, biar terlihat energik. Minimal ada 2 titik depan yang kanan kiri. Itu wajibkan. Bila perlu tambahin (sunnah), masuk tembus ke barisan tengah pendengar / penonton dan juga jalan ke yang paling belakang. Saya selalu menerapkan itu. Sangat menarik. Dan bikin diri ini sangat enjoy dan rileks banget saat lempar kata2. Banyak orang yang menyepelehkan trik ini. Berani Anda mempraktekkan? Harus berani dong!
*3. Hafal Materi*
Ini wajib. Harus hafal materi di luar kepala. Ya minimal menguasai bahan materi sebesar 75%. Buat apa? Antisipasi kalau listrik padam, proyektor rusak, atau ada pertanyaan unik dari pendengar biar bisa jawab dengan jawaban yang mahir dan unik juga. Atau banyak banget kondisi di luar dugaan lainnya, Kita harus cerdas antisipasi. Hafalin poin2nya saja. Tidak harus semuanya.
*4. PPT Jangan Bosenin*
Pernah ngalamin PPT yang pembicara itu, full banget tulisan saja dalam 1 slide yang ditampilkan? Yang 1 slide, ada tulisan 3 sampai 5 paraghraph? Atau itu Anda sendiri pernah ngalamin? Wkwk. Itu sangat bosenin tau. Pendengar dijamin bosen, penat, malah memilih acuh saat Kita berbicara. Peluang bikin forum dalam forum pasti ada kalau PPT bosenin. Kalau Saya. Selalu kasih foto visual yang menarik. Tulisan kadang hanya 1 kata, paling banyak sekitar 10 kata. Itu dilakukan biar pendengar tertarik dan fokus apa yang Kita jelaskan. Benar2 menspesialkan pendengar. Pendengar adalah raja. Yuk dicoba!!!
*5. Kenal Akrab Dengan Dosen*
Itu trik buat yg Mahasiswa. Kalau kerja, akrablah dengan senior & atasan. Akrab secara personal / psikis lebih istimewa. Jika materi yang share ini dipraktekkan buat Mahasiswa. *"Nyerang"* psikis dosen itu sangat penting. Cari muka? Bisa jadi iya. Tapi lebih tepat / sopannya, akrablah dengan dosen yang mengajar / pun tidak. Itu sangat berpengaruh. Saya sudah membuktikan, wisudawan S1 terbaik dan lulus 7 semester, S2 hanya 3 semester. Itu bisa terjadi karena di kelas aktif, presentasi yang terbaik, dan akrab banget dengan semua dosen. Berani coba? Agak ngeri sih akrab dengan dosen secara mendalam. Tapi efeknya wow. Terasa sampai nanti setalah wisuda pun. Selamat mencoba ya. Wkwk.
*6. Senyuman Manja*
Komunikasi yang terhebat adalah senyum. Senyum manja. Semanja mungkin. Itu bisa juga meredam pendengar yang ramai. Jadi berlatihlah tersenyum. Yuk tersenyum. Biar harapannya, endingnya nanti ada hasil yang keren dan senyuman. Yuk senyum. Bila perlu cari senyuman khas Anda. Sering2 di depan kaca. Kalau Saya senyumnya sambil buka mulut menganga. Wkwk. Tiap selfie gthu pas sama peserta seminar. Coba cek foto Saya di IG. Anda bagaimana? π☺☺
*7. Kagetin Mereka*
Efek WOW ini sangat diperlukan. Entah dengan batuk sekeras2nya, jatuhkan kursi, jatuhkan buku, atau yang lainnya. Karena apa? Karena ketika jantung Mereka kaget berdebar2. Tingkat kefokusan itu makin bertambah dan Anda mampu "mengendalikan" psikis Mereka untuk mendengarkan Kita ketika Mereka sudah fokus. Hal sesepeleh itu, kadang banyak orang melewatkan begitu saja. Padahal banyak pembicara yang mahir dan profesional menerapkan itu juga. Anda bagaimana? Berani?! π±π₯
*8. Lempar Komedi*
Monoton dan serius aja. Malah jadi sampah buat Mereka yang mendengarkan ucapan Kita. Kasih warna. Kasih komedi yang bisa bikin Mereka ketawa. Dijamin panggung Anda bakal luar biasa. Bakal dikangenin Mereka. Dicoba ya. Atau sering2 nonton _stand up comedy_ biar bisa menginspirasi dan meniru cara mematahkan keheningan menjadi serius dan canda tawa. π
*9. Suarakan Cinta*
Usahakan pakai trik baperin hati pendengar. Dengan cara apapun itu. Misal godain cowok & cewek biar dicomblangin, atau menggoda kasih pantun romantis ke _audience_. Wow. Pasti sangat keren itu. Silahkan dicoba. Itu sangat menyentuh hati Mereka. Maka fokus Mereka ke Kita maka makin menjadi2.
*10. Datang lebih awal*
Itu sangat keren. Buat persiapan, cek lokasi, cek kondisi, cek medan / panggung, survei. Biar tau apa yang akan dilakukakan mulai awal sampai akhir nantinya. Kalau kita ndk begitu, kadang di lokasi tidak sama dengan yang Kita bayangkan sebelumnya.
*11. Diskusi 2 Arah*
Pendengar itu manusia. Bukan patung. Bukan batu. Jadi diskusilah 2 arah. Anggap mereka. Biar ada ruang belajar yang bareng2 dilaksanakan. Karena pembicara belum tentu terpinter. Bisa jadi terbodoh tapi terfasilitasi. Semangat mengolah forum menjadi diskusi 2 arah. ❤π
*12. Memuji Pendengar*
Ketika Anda melakukan itu. 100% Anda sudah memenangkan hati pendengar. Jadi saat Anda mau memulai pembicaraan lebih mendalam. Mereka sudah sangat welcome dengan keberadaan Anda. Misal memuji dengan antusias mereka. Memuji sudah meluangkan waktu dan tenaga. Dan sebagainya. Coba & modiflah.
*13. Rendah Hati*
Sekali sombong. Habislah Kita. Pendengar adalah raja. Tetap rendah hati. Bukan berarti Kita ikut rendah segalanya. Karena etika lebih tinggi drajatnya dari ilmu yang Kita punya. Sikap terbaik Kita mampu memberikan nilai terbaik juga ke pendengar. Tau beberapa minggu yang lalu ada motivator dari Malang yang main fisik ke pendengar? Nah! Jangan sampai Kita viral karena keburukan kayak githu. Semoga Kita viral yang hal terbaik. Aamiinn. ππ
*14. Gerakan Tangan*
Kenapa itu aja yang Saya share poinnya. Soalnya gerak gerik tangan saat berbicara sangat penting. Saat intonasi tinggi, tangan harus gimana juga ada tekniknya. Saat intonasi sedang & rendah juga ada. Ketika gerak gerik tangan sudah oke. Bahasa tubuh lainnya dipastikan akan otomatis ngikut juga dengan sendirinya, sambil jalan belajar. Belajar mencari gerak tubuh yang cocok buat Anda.
*15. Lempar Berita Terbaru*
Poin ini biar pendengar juga merasa materi yang Kita bawa itu fresh banget. Update! Jadi nyambung dengan kekinian. Jadilah pembicara yang update, bukan sebaliknya yang super KUDET.
*16. Kenyangin Dulu*
Amankan perut Kita dulu. Sebelum memberi ilmu. Minimal minum biar tidak blank pikiran Kita. Khawatir gemetar, bukan karena demam panggung. Tapi emang lapar. ππ
*17. Jawab Seperlunya*
Muter-muter tidak jelas saat menjawab pertanyaan, banyak yang sering alami. Saya juga dulu pernah. Jadi lempar poinnya saja dan senangkan penanya. Bagi yang level _public speaking_ masih rendah. Jawab dengan muter2 gpp. Anggap buat latihan nambah kosa kata. Tapi kalau level _public speaking_ uda keren. Harus ditingkatkan dan fokus pada jawaban yang inti. Biar Mereka super puas. π
*18. Manajemen Waktu*
Peka dengan waktu di panggung pasti memberi kedewasaan Kita. Minimal bawa jam tangan. Atau cek HP. Atau cek jam di dinding. Intinya jangan sampai acara molor gara-gara Kita. Bisa jadi Kita yang harapannya menginspirasi menjadi dicaci maki kalau molor waktunya sangat melebihi. ❌
*19. Berani Jujur*
Katakan sejujurnya. Terutama saat sesi tanya jawab. Kalau belum bisa, katakan tidak mampu jawab dengan jujur. Daripada sok paham tambah bikin ngelantur dan berakibat fatal. Pendengar malah suka sikap seberani itu. ✅
*20. Berani Menginspirasi*
Jangan niatkan bicara asal bicara. Usahakan yang bermakna. Usahakan menginspirasi Kita semua. Kita belajar. Pendengar juga belajar.
*21. Membawa Alat Peraga*
Sangat wajib. Anda bawa alat peraga. Biar lebih nendang. Biar tidak terlalu garing. Saya biasanya membawa balon buat game meniup sampai meletus. Banyak pembicara yang sudah menerapkan game itu. Tapi tiap pembicara pasti punya pembawaan yang berbeda dan dahyat. Bisa juga dengan cara lain. Selain itu juga. Saya selalu pakai apa yang Saya lihat. Entah lampu, tembok, botol air mineral, makanan dari panitia, dll. Manfaatkan itu jadi materi yang berisi hikmah luar biasa. Harus peka dan cerdas memanfaatkan yang ada. Kuncinya Kita harus peka dan berani mengucapkannya. Boleh ditiru & dimodif. ππ₯
*22. Minta Evaluasi*
Ini yang sangat penting. Sambil sebelum minta evaluasi minta maaf terlebih dahulu. Biar apa? Mengajarkan ke pendengar akan keluasan hati, dan biar makin keren juga biar Kita terus bertumbuh. Biar tidak monoton terus. Karena dunia ini terus berjalan. Perubahan terus terjadi. *Inovasi pun jadi harga mati*. Tidak bisa ditawar. Harus ada untuk terus dan harus dieksekusi.
Amalkan 22 hal tadi ya kalau ingin tampilan Anda saat di panggung ingin Keren. Tidak harus dihafal. Tapi dijalankan biar makin terkenang dan mahir berbicara di hadapan banyak orang.
*Semoga bermanfaat*
Komentar
Posting Komentar