JURUS CEPAT BELAJAR NAHWU SHOROF SISTEM QUR'ANY*

*JURUS CEPAT BELAJAR NAHWU SHOROF SISTEM QUR'ANY*


Bismillahirrahmaanirahiim 🀲🏻
Meski terik ditengah pandemic serta dalam kondisi berpuasa, tidak membuat semangat surut sedikitpun untuk terus produktif.
Hamdan wa syukron mari kita persembahkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Maha Rahman-Nya, berupa segala isinya dunia yang diberikan kepada kita semua tak terkecuali dan tak terlewatkan secuilpun, baik yang kafir yang mukmin maupun yang munafiq, semuanya diberi harta juga tahta, pun keluarga dan sehatnya raga. Juga telah melimpahkan Rohim-Nya yang dispesialkan hanya unuk yang mu’min agar selama di dunia dibimbing, dibina untuk selalu menghamba pada Allah, sehingga akhirat dimasukkan surga selama – lama – lamanya, Allaahumma Aamiin…🀲🏻

Sholawat beserta salamnya selalu dan selamanya mari kita upayakan untuk kita ucapkan kepada hamba yang sejak muda telah mengemban gelar al-Amin sebagai bukti bahwa Beliaulah hamba utusan yang dipilih Allah untuk menjadi Rahmatan lil ‘aalaamin, semoga kita tidak hanya mampu bersholawat pada-nya saja, tetapi mampu mencontoh segala akhlak – akhlak beliau πŸ§•πŸ»

Bagi para sahabat yang sudah pernah mengenal kajian tentang ilmu nahwu dan shorof di beberapa pondok pesantren ataupun madrasah – madrasah, mungkin akan sangat membuat penasaran atau merasa aneh bila mana ada sebuah jurus cepat belajar nahwu dan shorof πŸ€”, karena sebanyak yang kita tahu untuk belajar atau untuk bisa paham kedua disiplin ilmu tersebut sangat membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bisa jadi berbulan – bulan atau bahkan bertahun – tahun 🀷🏻‍♀️🀷🏻‍♂️. Melalui berbagai macam tingkatan – tingkatan, misalnya : dari Jurmiyyah, Imrithi, Alfiyah sampai dan seterusnya. Atau adapula yang menggunakan Amstilati1,2,3 dan seterusnya.
Nah, dalam kesempatan kali ini, saya akan sedikit memperkenalkan sebuah system/metode belajar cepat, mudah dan juga menyenangkan yaitu METODE QUR – ANY, yang sudah saya rangkum dalam gambar di bawah iniπŸ‘‡
















Bismillah, Sebenarnya nadzom atau qoidah-qoidah dalam kitab nahwu dan shorof adalah ijtihad para ulama, tujuannya untuk memudahkan muridnya dalam memahami materi, Begitu juga Nahwunya Sistem Qurany, beberapa orang yang dalam berbagai macam bahasa akan memiliki tingkat kesulitan berbeda beda, karena perbedaan bahasa. sehingga Qurany memberikan solusi bagaimana caranya murid bisa paham nahwu shorof dengan mudah, yaitu menyajikannya dengan bahasa indonesia.
Dimana bahasa indonesia adalah bahasa kesatuan kita.
Isinya Qurany jika dipahami secara dalam adalah transliterasi qoidah qoidah dan nadzom nadzom yang ada di kitab kitab Nahwu jurmiyah imrithi alfiyah dan yang lain nya.
Ada banyak kelebihan metode qur-any, diantaranya:
1.Cepat
2.Mudah
3.Menyenangkan
4.Variatif
5.Siswa terkelola
6.Fleksibel dan murah
7.Lengkap
Dan masih ada yang lain nya...

Juga metode qur-any sangat tepat karena bisa diajarkan disemua kalangan, sudah lengkap beserta petunjuk pengajarannya.
Sedangkan kelemahan nya adalah bukan terletak pada metode nya tapi pada orang - orang yang menggunakan metode tersebut, ketidak konsistenan lah yang membuat metode ini akan terkesan memiliki kekurangan.
Maka dari itu, kita berupaya selalu menjaga konsistensi dalam segala hal, agar pencapaian yang kita dapatkan pun bisa maksimal πŸ™‚

Motivasi terbesar dari belajar ilmu nahwu shorof adalah bahwa ilmu tersebut adalah alat bantu yang digunakan untuk memahami kandungan isi al – Quran, dimana al-Quran adalah segalanya bagi kita, membacanya saja sudah mendapat 10 kebaikan dari satu hurufnya, terlebih jika kita berusaha untuk mempelajari dan memahami isi kandungan al – Quran kemudian mengamalkan-Nya. Tidak terhidung dengan matematika manusia balasan kebaikan - kebaikan yang Allah berikan pada kita πŸ˜‡.

Mudah – mudahan tidak hanya yang telah lebih dulu mengenal nahwu saja, yang bisa mengambil kemanfa’atan dari postingan kali ini. Tetapi bagi teman-teman yang mungkin belum pernah mengenal atau mungkin sangat asing dengan ilmu nahwu ini, pun bisa dengan cepat paham ilmu nahwu ini. Karena metode Qur-any ini juga sangat pas bagi pemula yang baru mengenal ilmu nahwu shorof. πŸ™

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjemput Impian Dengan Cara Yang Gila* πŸ”₯

Jadilah Spesialis atau Generalis

Menembus batas, Menjemput mimpi